Mengapa Blog Tidak Cepat Terindeks Google/Yahoo!

By author and friends
logo google bing yahoo icon
Mengapa blog tidak cepat terindeks Google Bing Yahoo! Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa alasan yang mempengaruhi faktor indeksasi dari sebuah situs blog:
  1. Jumlah halaman di situs dan banyaknya link dofollow. Umumnya, blog cepat di indeks Bing jika memiliki halaman relevan dengan jumlah link dofollow yang lebih sedikit. Wajar jika Google memberikan pernyataan "Google tidak menjamin untuk mengindeks semua laman pada situs Anda" saat kita mengirimkan URL blog ke indeks pada option "Ambil sebagai Google" di Webmastertool. Memang, kemampuan indeksasi GoogleBot masih lebih baik. Namun sayang jika tidak terindeks BingBot, karena Yahoo menggunakan bantuan transisi algoritma Bing untuk index web / blog yang pantas ditambahkan ke direktori Yahoo!  Jadi, submit URL ke Bing secara otomatis telah menambahkan situs blog Anda ke Yahoo directory secara gratis. Mungkin indeks organic search traffic Yahoo! (site explorer) lebih lama karena sangat sensitif dan selektif.
  2. Besar / ukuran file HTML. Hal ini berhubungan dengan cepat tidaknya loading blog saat dibuka pengguna. Biasanya webmaster sedikit menggunakan variasi CSS costum, memakai template yang ringan, menghindari penggunaan widget iframe pada h2, dan optimasi gambar dengan cara memperkecil ukuran gambar/file PNG di blog post.
  3. Update konten (seberapa sering halaman blog diperbarui, ditambah, hapus URL, atau diubah secara signifikan). Contohnya adalah mengubah judul artikel (post) dan menghapus salah satu URL halaman blog.
  4. Penggunaan robots.txt yang salah. Google dan Bing melihat intruksi robots.txt blog dalam melakukan indexing. Umumnya, GoogleBot dan BingBot sudah menentukan seberapa sering harus mengunjungi halaman di situs Anda dengan mengikuti petunjuk file robots. Namun, membuat  robots.txt dengan cara yang tidak benar memungkinkan mereka tidak mengindeks atau bahkan melakukan index secara berlebihan  (overcrawling) ataupun blog dicekal. Hal ini menjadi sebab munculnya page 404 error karena kesalahan perayapan.
  5. Membuat sitemap, link internal, dan hindari duplikat konten. Tautan antara halaman yang satu dengan yang lainnya di blog menjadi suatu nilai tambah dalam indeks Google untuk mengenali konten-konten yang relevan bagi pengguna. Oleh karena itu, submit sitemap blog, internal link, dan tidak melakukan duplikasi artikel pada posting merupakan optimasi untuk meningkatkan pengalaman index Bing dan cara mendapatkan pagerank Google.
  6. Kemampuan infrastruktur web server untuk melakukan koneksi dengan web hosting.
  7. Bandwidth dari situs penyedia layanan hosting (semakin rendah bandwidth, kapasitas server dalam melayani permintaan halaman akan semakin kecil). Jika berminat menggunakan web hosting gratis, pilih yang terbaik, sudah ternama, dan memiliki jaringan yang kuat, yup!
  8. Peringkat blog di mata search engine. Maksud mekanisme pagerank ini adalah konten yang dinilai tidak relevan tidak akan di indeks sesering konten yang sangat relevan. Selain itu, situs yang sering Anda buka biasanya akan berada dibagian atas pada halaman pertama (1) Google walaupun situs tersebut tidak mendapatkan high pagerank. Yup, karena situs itu meninggalkan jejak (chace) yang kuat di web browser Anda. Namun secara generik, kecocokan (relevansi) antara query (kueri penelusuran) yang diketikkan pengguna dengan keyword (kata kunci) konten blog memang mempengaruhi indeks Google / Bing untuk memunculkan blog di halaman pertama.
Mungkin itulah alasan mengapa blog tidak cepat terindeks Google/Bing, OK! Lets start blogging with best free blog now!

15 comments:

  1. setelah saya upgrade domain, kok sekarang jadi sulit terindeks google yah?

    ReplyDelete
  2. makasih banyak buat infonya gan,, ijin coba yaa... :-)

    http://goo.gl/onRyrt - kelenjar getah bening

    ReplyDelete
  3. makasih banyak buat infonya gan,, http://goo.gl/NQSzZm

    ReplyDelete
  4. terimkasih pak atas semua info dan kebaikan bapak.

    ReplyDelete
  5. Infonya sangat membantu,, terima kasih,,

    ReplyDelete
  6. sekedar info saja ya, info kontes seo yg sedang saya ikuti .mohon dukungannya utk rekan blogger semuanya .ini link blog saya .


    http://agenbolaku-indonesia.blogspot.com/2015/12/pokerwalet-com-agen-poker-online-dan-capsa-online-terbaik-terpercaya-di-indonesia.html

    http://myblog-168.blogspot.com/2015/12/nissan-mobil-terbaik-pilihan-keluarga.html

    http://myblog-168.blogspot.com/2015/11/indostar303-bandar-taruhan-agen-judi.html

    http://myblog-168.blogspot.com/2015/12/Perlindungan-Asuransi-Kesehatan-Dengan-Unit-Link-Commonwealth-Life.html

    ReplyDelete
  7. Oh ternyata begitu... nice gan artikelnya dan jangan lupa kunbalnya ke http://bangsharing.blogspot.co.id/
    Kali aja menambah wawasan:)

    ReplyDelete

Dofollow blog. Spam comments with anonymous name will be delated.
You can use some HTML tags, such as <b> (for making text bold), <i> (for making text italicicized), <a> (for making links).